Multimedia 2 >> Adobe Flash

Bagian-Bagian dari Adobe Flash

1.     Fungsi dari bagian workspace :
          a. Stage                          >> tempat membuat objek atau animasi yang
                                              dibuat
    b. timeline library           >> untuk mengatur atau mengkontrol jalannya
                                             animasi
    c. Action dan properties  >> windows yang digunakan untuk mengatur
                                             properti dari objek yang dibuat

2.  Pengertian
    a.  Single keyframe dan frame >> keyframe yang telah memiliki isi dari frame
    b. Motion tweened frame       >> keyframe yang berupa animasi perubahan
                                                   atau perpindahan gerakan
    c. Shape tweened frame        >> keyframe animasi perubahan bentuk
    d. Labeled frame                  >> keyframe yang sudah diberi nama
                                                   atau keterangan
    e.  Scripted frame                 >> urutan dari setiap susunan timeline

3. Bagian tools panel :
    a. Tools Area       >> tempat semua media yang digunakan
    b. View Area       >> tempat melihat semua projek yang sedang dikerjakan
    c. Colors Area     >> tempat yang berisi warna
    d. Options Area   >> tempat peralatan yang akan digunakan

4. Pengertian
    a. Static Text      >> text yang dapat diubah dari awal sampai akhir, tapi
                                   bersifat tetap.
    b. Dinamic Text   >> jenis text yang dinamis atau dapat diupdate
    c. Input Text       >> sebuah field text yang dapat diinput oleh user pada
                                  form aplikasi yang dibuat

5. Breaking Text Apart >> memisahkan antara text tulisan dengan garis
                                       bantuan/path, sehingga garis tidak mempengaruhi
                                       bentuk text yang sudah kita atur sebelumnya.
    Fungsi                      >> untuk memisahkan lingkaran dengan tulisan
    Cara Membuat          >> ctrl + B

6. Linking Text    >> text yang telah diubah ke link dan dapat terhubung
                              ke URL/link tujuan
    Cara Membuat >> blok objek (tulisan/gambar) dan kemudian klik icon
                              input link website yang akan dihubungkan

7. Perbedaan
    Bitmap  >> sekumpulan objek yang membentuk garis atau bentuk tertentu,
                    yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna dan
                    memiliki resolusi bebas, data ini diperbesar dalam ukkuran
                    berapapun karena tidak terjadi kehilangan ketajaman resolusi
    Vektor  >> objek grafis yang tersusun atas pixel (bit), memuat berupa
                    warna yang akan ditampilkan

8. Perbedaan
    Montion tween >> pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai akhir
    Shape Tween   >> perubahan bentuk apapun (perubakan ukuran, bentuk,dll)
                             dari bentuk satu ke bentuk yang lain

9. Fungsi tipe simbol :
    a. Tipe Symbol Graphic     >> objek yang digunakan untuk objek yang tidak
                                               beranimasi
    b. Tipe Symbol Movie Clip >> simbol yang biasa digunakan untuk objek
                                               animasi
    c. Tipe Symbol Button       >> simbol untuk membuat tombol yang bersifat
                                               diam
    d. Tweening pada symbol    >> simbol yang ada pada tween

10. Format Publish Movie :
     a. Flash *.swf              >> file penyimpanan animasi yang berukuran
                                          kecil
     b. Html *.html             >> file penyimpanan yang digunakan untuk
                                           membuat suatu aplikasi berbasis web (dapat
                                           diakses melalui internet)
     c. Windows Projektor  >> file penyimpanan animasi yang menjadi
         *.exe                          suatu video dan dapat dipublish menjadi
                                           aplikasi

referensi:
http://power.lecture.ub.ac.id/files/2011/03/Membuat-animasi-dengan-Adobe-Flash-CS3-Bagian-1.pdf
- http://flasholix.blogspot.com/2011/10/berkenalan-dengan-adobe-flash-cs4.html
- http://sutarahady.host22.com/?m=201101
- http://malasary.wordpress.com/category/uncategorized/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Pemimpin Merdeka Belajar?

Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Webinar RumBel #1