Cara Membuat Animasi Kubus >> AdobeFlash

Langkah-langkah membuat animasi kubus menggunakan Adobe Flash

Tools yang digunakan dalam pembuatan animasi kubus sebagai berikut:


Selection Tool (V)                      : Digunakan untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada
                                                         di dalam stage.

SubSelection Tool (A)               : M irip dengan Selection Tool, tetapi kita bisa memilih komponen-
                                                        komponen terkecil bila objek yang aktif merupakan objek shape.

Free Transform Tool(Q)           : Digunakan untuk memanipulasi objek yang terpilih. Manipulasi yang
                                                        bisa kita lakukan antara lain rotate, scaling, skew, dll.

Gradient Transform (F)            : Digunakan untuk memanipulasi warna gradien yang ada pada objek.

Lasso Tool (L)                           : Digunakan untuk memilih bagian dar objek shape dengan bentuk yang
                                                        kita inginkan. Tidak seperti selection Tool yang hanya memungkinkan
                                                        kita memilih objek Shape dengan cakupan wilayah persegi.

Pen Tool (P)                                : Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual.

Add Anchor Point Tool (=)       Digunakan untuk menambah vertex pada garis shape yang ada.

Delete Anchor point Tool (-)    Digunakan untuk menghapus vertex yang ada pada garis shape.

Text Tool (T)                              : Digunakan untuk menambahkan komponen teks pada satge, typenya
                                                        antara lain Static text, dynamic text, input text.

Line Tool (N)                              : Digunakan untuk menggambar garis lurus, hasilnya berupa garis shape.

Rectangle Tool (R)                    : Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk persegi.

Oval Tool (O)                              : Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk oval.

Rectangle Primitive Tool (R)   Digunakan untuk membuat gambar berupa persegi, yang
                                                         modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type
                                                         gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape.

Oval Primitive Tool (O)            : Digunakan untuk membuat gambar berupa Oval, yang modifikasinya
                                                        tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat
                                                        vektor tapi bukan shape.

Polystar Tool                             : Digunakan untuk membuat objek shape dengan banyak sisi.

Pencil Tool (Y)                           : Digunakan Untuk Menggambar garis secara bebas, hasilnya berupa garis
                                                         shape.

Brush Tool (B)                           : Digunakan untuk mewarnai stage, seakan layaknya sebuah cat, bentuk
                                                         yang dihasilkan merupakan objek shape.

Ink Bottle Tool (S)                    : Digunakan untuk mewarnai pada tepi/edgedari objek yang dipilih.

Paint Bucket Tool (K)               : Digunakan untuk mewarnai pada suatu bidang/objek yang dipilih.

Eyedropper Tool (I)                  : Digunakan untuk mengeset warna yang dipilh sebagai warna aktif untuk
                                                        Stroke atau Fill Color

Erase Tool (E)                           : Digunakan untuk mengahapus objek shape yang ada dalam stage.

Hand Tool (H)                           : Digunakan untuk bernavigasi secara bebas

Zoom Tool (Z)                           : Digunakan untuk memperbesar/memperkecil ukuran semua objek nyang
                                                        ada pada stage.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.   Buka program AdobeFlash

2.  Pilih actionscript 2.0 >> seperti pada gambar 1
Gambar 1
 3. Buat kubus:
     - Gunakan rectangle tool (R) untuk membuat gambar persegi >> gambar 2

Gambar 2

        ~~ membuat persegi dua sisi yaitu sisi depan dan belakang

        ~~ membuat garis putus-putus untuk bayangan pada bagian sisi belakang dengan cara ubah
              stylenya

    - Sempurnakan kubus dengan menambah garis pada sisi yang lain >> gambar 3

Gambar 3

         ~~ untuk mempermudah mencari layer gambar tertentu, ganti nama layer kubus dengan nama
               misal: "kubus" dengan cara klik 2x pada layer atau klik kanan lalu rename >> gambar 4

Gambar 4

4. Buat rusuk-rusuk kubus:
    - buat rusuk-rusuk kubus berjumlah 24 ( 4 x 6 sisi )
      satu garis rusuk buat dalam satu layer, jadi buat 24 layer baru dengan cara klik kanan pada layer
      dan klik insert layer >> gambar 5.1 dan 5.2

    - pada layer "rusuk 1" sampai "rusuk 24" buat satu garis menggunakan line tool (L), letakkan disamping
      kubus

Gambar 5.1

 Gambar 5.2

    ~~ untuk mempermudah mencari layer ubah nama layer mencadi "rusuk" seperti gambar di atas

    ~~ buat garis rusuk pada setiap layer "rusuk" >> gambar 6

Gambar 6

    ~~ untuk memperjelas pemasukan garis rusuk ke rusuk pada kubus, insert gambar warna pada bagian
         sisi yang di masukkan garis rusuk, caranya: sisipkan layer tambahan ("warna") pada setiap 4 layer
        "rusuk"

    ~~ buat frame keseluruhan di timeline
         caranya: select semua layer ke arah timeline tertentu (misal 100), klik kanan dan insert keyframe
         >> gambar 7

Gambar 7

    ~~ untuk keamanan gambar pada layer lain , kunci gambar dengan cara menekan gambar gembok
         yang berada dekat pada layer, kunci, dan bukalah pada layer yang akan diedit atau digunakan.

    ~~ pada layer "rusuk" - insert keyframe pada awal dan akhir pergerakan di kotak timeline,
         pada keyframe kedua buatlah perubahan seperti memasukan garis rusuk pada rusuk di kubus
         >> gambar 8

Gambar 8

    ~~ pergerakan pelan dengan cara mengubah kapasitas pergerakan yang berada di bawah timeline,
         dan ubah dengan angka sekecil mungkin sesuai selera.

    ~~ untuk pergerakan yang indah, pada jarak antara keyframe awal dan akhir, klik kanan dan pilih
         "create shape tween" >> gambar 9

Gambar 9

    ~~ untuk memudahkan meletakkan garis rusuk ke rusuk kubus, bisa menggunakan zoom in agar lebih\
         teliti dan rapi

    ~~ untuk warna, yaitu: buat gambar pada keyframe awal sesuai dengan bentuk sisi kubus (pastikan
          tempat peletakan rusuk sesuai denngan sisi yang akan diberi warna), lalu beri warna transparan
         agar tidak nampak, dan buat keyframe kedua dengan jarak (sesuai selera), nah di keyframe
         kedua ubah warna sesuai keinginan sengan select dahulu gambar dan ubah warna dengan reality\
         warna dikurangi agar nampak transparan. dan agar pergerakan perubahan warna mulus, bisa
         klik kanan lalu "create shape tween" >> gambar 10

 Gambar 10

    ~~ lakukan hal yang sama pada layer-layer berikutnya, hingga seperti >> gambar 11

Gambar 11

LIHAT HASILNYA ^^

referensi:
- http://power.lecture.ub.ac.id/files/2011/03/Membuat-animasi-dengan-Adobe-Flash-CS3-Bagian-1.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Pemimpin Merdeka Belajar?

Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Webinar RumBel #1